Searching...
Senin, 05 September 2011

Automatic water pump controller

Automatic water pump controller merupakan rangkaian berfungsi untuk mengontrol pompa air secara otamatis pada suatu reservoir atau penampungan air. Sebagai sensor level air dibuat dengan plat logam yang dipasang di reservoir atau penampungan air, dengan 1 sensor di buat pendek untuk deteksi level atas dan 1 sensor lagi dibuat panjang untuk deteksi level bawah kemudian jalur ground dihubungkan ke dasar penampungan atau reservoir. Rangkaian automatic water pump controller ini dibuat dengan NOR 2 input sebanyak 4 buah dan relay yang diaktifkan dengan transistor. Rangkaian automatic water pump ini membutuhkan sumber tegangan +12Vdc dan dapat digunakan untuk mengontrol pompa air yang terhubung ke jalringan listrik AC. Berikut gambar rangkaian secara lengkapnya.
Rangkaian Automatic Water Pump Controller
Automatic water controller,water controller,pompa air otomatis,rangkaian otomtis pompa air,kontrol pompa air otomatis,membuat kontrol pompa air otomatis,pengisi bak air otomatis,penguras bak air otomatis,pengatur ketinggian air otomatis,pengontrol level air otomatis

Daftar Komponen Automatic Water Pump Controller
    R1 = 15K
    R2 = 15K
    R3 = 10K
    R4 = 1K
    D1 = LED
    D2 = 1N4148
    Q1 = BC337
    IC1 = 4001
    SW = SPDT Switch
    RL1 = Relay 12V

Prinsip kerja rangkaian automatic water pump controller diatas adalah. Pada saat level air berada dibawah kedua sensor tersebut, output IC1C (pin 10) akan LOW, Kemudin saat air mulai menyentuh sensor level bawah, maka output IC1C (pin10) tetap LOW sampai air menyentuh sensor Level atas, maka output IC1C (pin 10) akan HIGH dan relay aktif melalui Q1 dan menyalakan pompa air untuk meguras reservoir. Pada saat air muli turun dan sensor level atas tidak tersentuh air mka output IC1C (pin 10) tetap HIGH sampai semuasensor tidak tersentuh air baru output IC1C (pin 10) LOW dan pompa air mati. Rangkaian automatic water pump controler ini dilengkapi dengan SW1 yang berfungsi untuk membalik logika konsep menguras (output dari IC1C) dan konsep pengisi air (output dri IC1D). Pada saat SW1 terhubung ke IC1D maka pompa air akan menyala pada saat air tidak menyentuh semua sensor dan akan mati pada saat semua sensor tesentuh air. Automatic water Pump controller ini dapat digunakan untuk mengisi atau menguras air sesuai mode yang dipilih melalui SW1.

0 komentar:

Content

 
Back to top!